Berilah tanda silang pada jawaban yang benar !
Kompetensi Dasar : Menguasai konsep besaran dan satuannya
1. Sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka disebut ..............................
a. Besaran d. Besaran pokok
b. Satuan e. Besaran turunan
c. Pengukuran
2. Berikut ini yang merupakan satuan dari besaran pokok SI adalah......
a. Ampere, newton d. Kilogram, sekon
b. Mol, joule e. Meter, watt
c. ampere, menit
3. Berikut ini yang merupakan satuan tidak baku dari besaran panjang adalah......
a. Menit, detik d. Kilogram, sekon
b. Jengkal, hasta e. Meter , watt
c. kelvin, menit
4. Berikut ini yang merupakan besaran turunan adalah ................................
a. Gaya,waktu d. Suhu,luas
b. Kecepatan,massa jenis e.Volume,suhu
c. Arus, massa
5. Dibawah ini yang merupakan satuan dari besaran turunan yang berasal dari besaran pokok adalah ...........
a. Meter d. Kelvin
b. Meter per sekon e. mol
c. Kilogram
6. Apabila suatu besaran berasal dari besaran pokok dan dapat diturunkan. Hal ini dinamakan ..................................................
a. Besaran d. Besaran turunan
b. Mengukur e. Pengukuran
c. Besaran pokok
7. Seorang ibu membeli pakaian yang panjangnya 2,5 meter. Hal ini menunjukkan satuan yang dipakai ibu dalam membeli pakaian berasal dari besaran .....................
a. Panjang d. Suhu
b. Massa e. Kuat arus
c. Waktu
8. Ayahku membeli tanah berukuran 20 m x 20 m untuk dijadikan areal persawahan maka luas tanah tersebut sebesar .....................
a. 4000 km d. 4000 m
b. 0,4 km e. 40 m
c. 400 km
Kompetensi Dasar : Menggunakan alat ukur yang tepat untuk mengukur suatu besaran fisis
9. Perhatikan gambar alat ukur di bawah ini.
Alat tersebut dapat kita gunakan untuk
Mengukur ..........................................
a. Diameter luar pipa d. Panjang pipa
b. Volume suatu zat e. Suhu logam
c. Ketebalan daun
10. Perhatikan gambar alat ukur di samping.
Alat tersebut dapat kita gunakan untuk
Mengukur ..........................................
a. Diameter luar pipa d. Panjang pipa
b. Volume suatu zat e. Suhu logam
c. Ketebalan daun
11. Seorang anak melakukan praktikum ketika ia ingin mengetahui besar suhu air maka digunakan alat...........
a. Termometer d. timbangan
b. Neraca e. Stopwatch
c. Gelas ukur
12. Seorang anak melakukan praktikum ketika ia ingin mengetahui besar volume air maka digunakan alat...........
a. Termometer d. timbangan
b. Neraca e. Stopwatch
c. Gelas ukur
13. Seorang anak yang melakukan lari di gor dalam menghitung waktu maka digunakan alat...........
a. Termometer d. Jam tangan
b. Neraca e. Stopwatch
c. Gelas ukur
14. Seorang anak ingin mengetahui berat badan saat ini maka alat ukur yang tepat digunakan adalah .............................................
a. Neraca satu lengan d. Neraca pegas
b. Neraca dua lengan e. rollmeter
c. Neraca badan
15. Berikut ini alat ukur yang digunakan untuk mengukur panjang sebuah pencil yang tepat adalah .............................
a. Mikrometer sekrup d. Neraca pegas
b. Jangka sorong e. rollmeter
c. Mistar
16. Berikut ini yang merupakan langkah pertama yang dilakukan bila menggunakan alat ukur neraca lengan yang tepat adalah .............................
a. Letakkan diatas piring kaca
b. Geserlah anak timbangan dari yang besar hingga kecil sampai seimbang
c. Pastikan neraca seimbang jika belum seimbangkan dulu memutar pengenol
d. Bacalah skala yang ditunjukkan pada neraca
e. Jika posisi skala tidak di nol ketika menghitung jangan lupa menguranginya dengan selisih skala yang ditunjukkan
17. Perhatikan alat ukur berikut ini. Berapakah hasil pengukuran alat berikut beserta ketidakpastiannya.............................
a. ( 6,23 ± 0,005 ) cm
b. ( 6,23 ± 0,05 ) cm
c. ( 62,3 ± 0,005 ) mm
d. ( 0,623 ± 0,05 ) mm
e. ( 0,623 ± 0,005 )cm
18. Perhatikan alat ukur berikut ini. Berapakah hasil pengukuran alat berikut beserta ketidakpastiannya.............................
a. ( 6,44 ± 0,005 ) mm
b. ( 6,94 ± 0,005 ) mm
c. ( 6,44 ± 0,05 ) mm
d. ( 6,94 ± 0,05 )cm
e. ( 6,23 ± 0,005 )cm
19. Tentukan hasil pembulatan dari 2,5 + 3,16 dengan 2 angka penting ..................
a. 5,6 d. 6,0
b. 5.7 e. 5,0
c. 6
20. Notasi ilmiah dari 32560 dengan 2 angka penting adalah......................
a. 3,3 . 104 d. 3,3 . 103
b. 3,2 . 104 e. 3,2 . 103
c. 3,26 . 104
21. Massa sebuah benda adalah 25 g. Notasi ilmiahnya dengan 2 angka penting adalah......................
a. 2,5 . 10 -4 kg d. 2,5 . 10 -5 kg
b. 2,5 . 10 -3 kg e. 2,5 . 10 -6 kg
c. 2,5 . 10 -2 kg
22. Berikut ini alat ukur yang digunakan untuk mengukur panjang sebuah pencil yang tepat adalah .............................
a. Mikrometer sekrup d. Neraca pegas
b. Jangka sorong e. neraca
c. Mistar
23. Berikut ini yang merupakan sumber utama kesalahan dalam pengukuran adalah..............
a. Sistematis, random, pengamatan
b. Alat, nol, waktu respon yang tidak tepat
c. Fluktusi pada besaran listrik, getaran landasan, gerak acak molekul udara
d. Metode pembacaan skala tidak tegak lurus, salah membaca skala
e. Sistematis, alat, fluktuasi pada besaran listrik
24. Berikut ini yang merupakan kesalahan sistematis dalam pengukuran adalah..............
a. Sistematis, random, pengamatan
b. Alat, nol, waktu respon yang tidak tepat
c. Fluktusi pada besaran listrik, getaran landasan, gerak acak molekul udara
d. Metode pembacaan skala tidak tegak lurus, salah membaca skala
e. Sistematis, alat, fluktuasi pada besaran listrik
25. Kesalahan / ketidakpastian yang muncul akibat kalibrasi skala penunjukkan angka pada alat tidak tepat pada saat melakukan pengukuran berarti terjadi kesalahan ..................
a. Pengamatan d. Alat
b. Kondisi yang tidak sesuai e. Nol
c. random
26. Kesalahan / ketidakpastian yang muncul akibat kurang terampilnya manusia saat melakukan kegiatan pengukuran berarti terjadi kesalahan ..................
a. Pengamatan d. Alat
b. Kondisi yang tidak sesuai e. Nol
c. random
27. Kesalahan / ketidakpastian yang muncul akibat penunjukkan skala pada nol tidak tepat pada saat melakukan pengukuran berarti terjadi kesalahan ..................
a. Pengamatan d. Alat
b. Kondisi yang tidak sesuai e. Nol
c. random
28. Apabila ada seorang anak melakukan kesalahan / ketidakpastian dalam membaca alat pada saat melakukan pengukuran maka terjadi kesalahan ..................
a. Pengamatan d. Alat
b. Kondisi yang tidak sesuai e. Nol
c. Random
Kompetensi Dasar : Menguasai konsep gerak dan gaya
29. Pernyataan yang benar mengenai gerak sebuah benda adalah......................
a. benda bergerak bila kedudukannya berubah
b. benda yang bergerak sifatnya tidak relatif
c. benda yang bergerak tidak perlu titik acuan
d. benda dikatakan bergerak bila kedudukannya berubah terhadap suatu acuan tertentu
e. benda dikatakan bergerak bila kedudukannya tidak selalu berubah terhadap acuan tertentu
30. Berikut ini contoh terjadinya suatu gerak dalam kehidupan sehari – hari adalah ...........
a. Sebuah mobil yang bergerak d. Anak yang melempar bola
b. Seorang anak berlari e. Anak yang bersepeda
c. Kereta api yang bergerak terhadap stasiun
31. Pernyataan yang tidak benar mengenai perpindahan adalah......................
a. Perpindahan termasuk besaran skalar
b. Perpindahan termasuk besaran vektor
c. Perpindahan merupakan perubahan posisi suatu benda dalam selang waktu tertentu
d. Perpindahan benda tergantung arah
e. Rumus perpindahan adalah posisi akhir dikurangi posisi awal
32. Pernyataan yang benar mengenai kecepatan benda adalah......................
a. Kecepatan termasuk besaran skalar
b. Alat mengukur kecepatan spidometer
c. Kecepatan tidak bergantung pada arah
d. Kecepatan termasuk besaran vektor
e. Satuan kecepatan adalah meter
33. Yang membedakan antara jarak dan perpindahan adalah ......................
a. Jarak tergantung pada arah
b. Perpindahan tidak tergantung pada arah
c. Memiliki satuan yang sama
d. Jarak termasuk besaran skalar sedangkan perpindahan yertmasuk besaran vektor
e. Jarak termasuk besaran vektor sedangkan perpindahan termasuk besaran skalar
34. Alat untuk mengukur kecepatan......................
a. Spidometer
b. Velocitimeter
c. Termometer
d. Dinamometer
e. Hydrometer
35. Seorang anak berjalan dari titik A ke B sejauh 20 m kemudian ke C sejauh 30 m kemudian ke kota D sejauh 40 m lalu kembali ke kota C maka besar jarak yang ditempuh adalah......................
a. 60 m d. 90 m
b. 130 m e. 120 m
c. 10 m
36. Seorang anak berjalan dari titik A ke B sejauh 20 m kemudian ke C sejauh 30 m kemudian ke kota D sejauh 40 m lalu kembali ke kota C maka besar perpindahan yang ditempuh adalah......................
a. 60 m d. 90 m
b. 130 m e. 120 m
c. 10 m
37. Seorang anak berlaridari titik A ke B sejauh 50 m selama 20 detik kemudian ke C sejauh 30 m selama 10 detik kemudian ke kota D sejauh 40 m selama 15 detik maka besar kelajuan rata – rata yang ditempuh adalah......................
a. 3,7 m/s d. 4,7 m/s
b. 2,7 m/s e. 5,7 m/s
c. 1,7 m/s
38. Berapakah kecepatan benda pada saat di titik puncak......................
a. 0 m/s d. 4 m/s
b. 1 m/s e. 5 m/s
c. 2 m/s
39. Perubahan kecepatan dalam waktu tertentu dinamakan......................
a. Kecepatan d. Perpindahan
b. Percepatan e. kelajuan
c. Jarak
40. Pernyataan yang tidak benar mengenai gaya adalah......................
a. Gaya menyebabkan percepatan
b. Gaya dapat mengubah arah gerak suatu benda
c. Gaya dapat mengubah bentuk suatu benda
d. Satuan gaya adalah newton
e. Gaya termasuk besaran skalar
0 komentar:
Post a Comment
terimakasih telah membaca artikel ini, kami harapkan saran dan kritiknya karena pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar.