(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 63 Jakarta
Kelas/semester :
X/1
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Topik : Keteladanan tentang perilaku terbuka,
menghargai perbedaan,
dan
perdamaian.
Pertemuan : 1 - 2
Waktu : 4 X 45 menit
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional
yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2.Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan Komunikasi transaksional dengan
guru dan teman.
3.1. Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati
diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1. Menyusun
teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon
pemaparan jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
C. Indikator
1.
Ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk
menyapa seseoranng (greeting) dalam dialog merespon jati diri.
2.
Ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk
dalam dialog merespon jati diri.
3.
Bentuk kata kerja digunakan dalam Simple
Present dengan tepat dalam dialog merespon
jati diri.
4.
Bentuk modal present yang digunakan
dalam dialog merespon jati diri.
5.
Berbagai kosa-kata tentang family tree,
kinds of profession, names of day, month, and date.
D. Tujuan
1.
Siswa dapat menggunakan
ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam dialog pemaparan jati diri (greeting).
2.
Siswa dapat menggunakan
ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk memperkenalkan jati diri (introduction)
3.
Siswa dapat menggunakan bentuk Simple
Present dengan tepat untuk merespon pemaparan jati diri.
4.
Siswa dapat menggunakan bentuk modal
present yang digunakan dalam merespon jati diri
5.
Siswa dapat menggunakan bentuk personal
pronouns yang digunakan dalam dialog merespon pemaparan diri.
E.
Materi
Ungkapan
sapaan:
Sam : Hello, what is your name?
Jane : Hi! My name is jane, What’s yours?
Sam : Sam
Jane : it’s nice to meet you, sam.
Sam : Thanks.
Riki :
Good morning.Roni.
Roni :
Good morning.
Riki : Roni, may i ntroduce you
to Miss Adams.
Miss.
Adams : How do you do, Roni.
Roni : How do you do, Miss
Adams.
Miss.
Adam : Where do live ?
Roni : In Ciamis. How are you Mss Adams?
Miss
Adam : Im a secretary of
compnay.
Are you
student?
Roni
: Yes, Im a
student of university?
Miss
Adam : Do you have hanphone number?
Roni : No, I dont. And you?
Miss
Adam : Yes, This is 081 334
457 876
Roni : Ok. Thanks, Mss Adam.
Miss
Adam : Your welcome
Roni : See you.
Miss.
Adam : See you later.
Keterangan:
F. Model/Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan: scientific
2.
Strategi: observe – practice.
3.
Metode: Inquiry/Experiencial learning
G.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Guru
masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris agar English
Environment dapat langsung tercipta di pertemuan pertama.
· Guru
dapat menggunakan kalimat “Good morning, students”.
· Pastikan
peserta didik merespon dengan menjawab kembali “Good morning,
Teacher/ Sir/Mam”.
· Ketua
kelas berdiri di depan kelas untuk memimpin doa dan yel-yel penyemangat
disampaikan dalam bahasa Inggris.
Guru menanyakan kabar/kondisi peserta didik dengan kalimat
“how are you today?” pastikan
peserta didik menjawab “I’m fine. thank
you, and you?” dan guru membalas “I’m
very well, thank you”.
· Guru
mengisi agenda mengajar dan daftar hadir peserta didik.
· Guru
memberikan pertanyaan berupa materi yang sudah disampaikan sebelumnya.
· Guru
menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran yang akan dipelajari saat ini.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
a. Mengamati
· Siswa melakukan
pengamatan untuk menuliskan dialog jati diri berupa menjawab dialog
pemaparan jati diri dengan memperhatikan isi teks, fungsi sosial,
struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya.
· Siswa secara
bergiliran menjawab hasil kerjanya.
· Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk mengamati dan memberi komentar atas jawaban
temannya.
· Siswa ditunjuk untuk
menjadi beberapa kata yang berhubungan dengan penggunaan Simple Present dan
Modal Present.(Misalnya: Rini jadi kata “I”, Dini jadi kata “am”, Desi jadi
kata “ a student”. dll)
· Guru menampilkan
beberapa kata dan melengkapinya dengan kata-kata yang sudah dimiliki siswa.
b. Menanya
· Siswa diberi
kesempatan untuk mengajukan pertanyaan yang terkait dengan ungkapan yang
digunakan dalam dialog merespon jati diri.
· Siswa diarahkan untuk
mengajukan pertanyaan tentang penggunaan Simple Present tense, dan Modal
present.
c. Menalar
· Siswa dibagi menjadi
beberapa kelompok dengan tiap kelompok terdiri dari 4 orang.
· Tiap kelompok diberi
lembar kerja bentuk format yang berisi tentang jati diri untuk
menuliskan pertanyaan singkat(short answer) dan pertanyaan panjang(long
answer).
· Selama siswa bekerja
di dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong siswa semua untuk terlibat
dalam diskusi.
· Setiap kelompok
menukarkan hasil diskusi kepada kelompok lainnya untuk menilai.
· Guru
mengumpulkan hasil penilaian kelompok.
d. Jejaring
· Siswa
mendemonstrasikan penggunaan pemaparan jati diri secara lisan dan tertulis di
kelas dengan memperhatikan fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai dengan konteks
· Siswa diberi
tugas menuliskan pemaparkan jati diridan mengirimkannya ke email
guru.
· Siswa
diberi tugas merekam dialog dengan situasional.
|
70 menit
|
Penutup
|
· Guru memberikan
pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami topik tentang
ungkapan-ungkapan menyapa dalam dialog tentang jati diri.
· Siswa diminta
membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
· Siswa
diberi tugas untuk membaca berbagai sumber, mencatat, mengerjakan latihan
unsur-unsur bahasa yang sudah diterangkan.
|
10 menit
|
H.
Alat/Media/Sumber Pembelajaran
1.
Lembar Kerja
2.
Lembar Penilaian
3.
Laptop dan Infocus
4.
Slide and Film
I.
Sumber
Pembelajaran
1.
Kamus manual dan elektronik
2.
Buku Bahasa Inggris yang relevan
J.
Penialain
Hasil Belajar
1. Penilaian
Sikap : Berupa penilaian diri dalam minat belajar
kelompok
2. Penilaian : Tes tulis
3. Penialain Keterampilan : Penugasan Project Interview native speaker (orang asing luar asia)
3. Penialain Keterampilan : Penugasan Project Interview native speaker (orang asing luar asia)
Jakarta,
27 Juli 2015
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala SMK Negeri 63 Jakarta
Dra.
Hj. Rus Prihatini, M.Pd Dedi
Suhendar, S.Hum
NIP. 196003031996012001
SOAL
ULANGAN KD 1
1.
How does Hannah contact Alia? Is there anybody introducing Hannah to
Alia?
2.
Does Hannah want to be Alia’s friend?
3.
Where does Hannah study?
4.
Tell me about Hannah’s family!
5.
What are Hannah’s hobbies?
6.
Does she like animals? What animals does she have?
7.
What does she do with Hmong students?
8.
What profession she’d like to have after graduated from her school?
9.
She isn’t interested in fashion.
Is it because there’s no mall in her hometown?
10. What are her hobbies?
SOAL
ULANGAN REMEDIAL KD 1
Read
this letter and answer the questions!
1. Does Saidah want to be Alia’s
friend?
2. Where is she from?
3. Where does Saidah study?
4. Tell me about Saidah’s family!
5. What are Saidah’s hobbies?
6. Does she have favorite singers?
(if yes, who are they?)
7. Does she like reading books?
Which authors does she like?
8. What profession would she like
to have later?
9.
Is she interested in visiting Indonesia? How does she know Indonesia?
KUNCI
JAWABAN
Ulangan
KD 1
1. By email. Yes, there is.
2. Yes, she does.
3. Thomas Edison High School, in
Minneapolis, USA.
4. She has two brothers and two half sisters. Her
father died a few years ago and her mother was responsible for the house and
the family business. Her father was a barista.
5. She likes listening to classical
and folk music, and playing tennis and basketball.
6. Yes, she does. Three dogs, a
rabbit, and an iguana.
7. She likes to discuss with them
the different cultures they have.
8. An outdoor guide
9. No, it isn’t.
Remedial
KD 1
1.
Yes, she does.
2.
She is from Johor Bahru Malaysia.
3.
In a boarding school outside Johor Bahru.
4.
Saidah has a sister who is a medical doctor and his brother is an elementary
school student. Her sister will get married and her brother often writes to her
via email.
5.
She likes songs, music, and watching movies.
6.
Yes, she does. Her favorite singers are Maher Zain and Siti NurHaliza.
7.
Yes, she does. She likes some Malay authors, English writers like JK Rowling,
and Indonesian writers like Andrea Hirata and Ahmad Fuadi.
8.
A writer of science fiction books.
9.
Yes, she is. She knows Indonesia from a book.
0 komentar:
Post a Comment
terimakasih telah membaca artikel ini, kami harapkan saran dan kritiknya karena pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar.