Monday, July 13, 2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) SMK X - Kurikulum 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SMK Negeri 63 Jakarta
Kelas/semester            :  X/1
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Topik                           : Keteladanan tentang perilaku terbuka, menghargai perbedaan,
  dan perdamaian. 
Pertemuan                   : 1 - 2
Waktu                          : 4 X 45 menit


A.      Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2.Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam  melaksanakan Komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.1. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.

C.      Indikator
1.         Ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk menyapa seseoranng (greeting) dalam dialog merespon jati diri.
2.         Ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk dalam dialog merespon jati diri.
3.         Bentuk kata kerja digunakan dalam Simple Present dengan tepat dalam dialog merespon  jati diri.
4.         Bentuk modal present yang digunakan dalam dialog merespon jati diri.
5.         Berbagai kosa-kata tentang family tree, kinds of profession, names of day, month, and date.

D.      Tujuan
1.         Siswa dapat menggunakan ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam dialog pemaparan jati diri (greeting).
2.         Siswa dapat menggunakan ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk memperkenalkan jati diri (introduction)
3.         Siswa dapat menggunakan bentuk Simple Present dengan tepat untuk merespon pemaparan jati diri.
4.         Siswa dapat menggunakan bentuk modal present yang digunakan dalam merespon jati diri
5.         Siswa dapat menggunakan bentuk personal pronouns yang digunakan dalam dialog merespon pemaparan diri.

E.       Materi
Ungkapan sapaan:
Sam          : Hello, what is your name?
Jane          : Hi! My name is jane, What’s yours?
Sam          : Sam
Jane          : it’s nice to meet you, sam.
Sam          : Thanks.

Riki                      : Good morning.Roni.
Roni                     : Good morning.
Riki                      : Roni, may i ntroduce you to Miss Adams.
Miss. Adams        :  How do you do, Roni.
Roni                     : How do you do, Miss Adams.
Miss. Adam          : Where do live ?
Roni                     :  In Ciamis. How are you Mss Adams?
Miss Adam           : Im a secretary of compnay.
                                Are you student?
Roni                        : Yes, Im a student of university?
Miss Adam             :  Do you have hanphone number?
Roni                        : No, I dont. And you?
Miss Adam             : Yes, This is 081 334 457 876
Roni                        : Ok. Thanks, Mss Adam.
Miss Adam             : Your welcome
Roni                        : See you.
Miss. Adam            : See you later.
Keterangan:


X
Y
X
Y
X and Y
X and y
X
Greeting
Responding greeting
Asking about health
Responding asking about health
Asking each other about identity for example: (name, address, place and date of birthday (age), hobby, favorite food and color, occupation/profession, handphone number.
Asking each other about family (father and mother’s name, their profession, total sister and brothers, dll
Responding each other about identity and family
Saying ‘leave taking’/GOODBYE

F.       Model/Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan: scientific
2.         Strategi: observe – practice.
3.         Metode: Inquiry/Experiencial learning

G.      Kegiatan Pembelajaran


Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris agar English Environment dapat langsung tercipta di pertemuan pertama.
·         Guru dapat menggunakan kalimat “Good morning, students”.
·         Pastikan peserta didik merespon dengan menjawab kembali “Good morning, Teacher/ Sir/Mam”.
·         Ketua kelas berdiri di depan kelas untuk memimpin doa dan yel-yel penyemangat disampaikan dalam bahasa Inggris.
Guru menanyakan kabar/kondisi peserta didik dengan kalimat “how are you today?” pastikan peserta didik menjawab “I’m fine. thank you, and you?” dan guru membalas “I’m very well, thank you”.
·         Guru mengisi agenda mengajar dan daftar hadir peserta didik.
·         Guru memberikan pertanyaan berupa materi yang sudah disampaikan sebelumnya.
·         Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran yang akan dipelajari saat ini.
10 menit
Kegiatan Inti
a.    Mengamati
·      Siswa melakukan pengamatan untuk menuliskan dialog jati diri berupa menjawab dialog pemaparan jati diri dengan memperhatikan isi teks, fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya.
·      Siswa secara bergiliran menjawab hasil kerjanya.
·      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengamati dan memberi komentar atas jawaban temannya.
·      Siswa ditunjuk untuk menjadi beberapa kata yang berhubungan dengan penggunaan Simple Present dan Modal Present.(Misalnya: Rini jadi kata “I”, Dini jadi kata “am”, Desi jadi kata “ a student”. dll)
·      Guru menampilkan beberapa kata dan melengkapinya dengan kata-kata yang sudah dimiliki siswa.
b.   Menanya
·      Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan yang terkait dengan ungkapan yang digunakan dalam dialog merespon jati diri.
·      Siswa diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang penggunaan Simple Present tense, dan Modal present.
c.     Menalar
·      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dengan tiap kelompok terdiri dari 4 orang.
·      Tiap kelompok diberi lembar kerja bentuk format yang berisi tentang jati diri untuk menuliskan pertanyaan singkat(short answer) dan pertanyaan panjang(long answer).
·      Selama siswa bekerja di dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong siswa semua untuk terlibat dalam diskusi.
·      Setiap kelompok menukarkan hasil diskusi kepada kelompok lainnya untuk menilai.
·      Guru mengumpulkan hasil penilaian kelompok.
d.    Jejaring
·      Siswa mendemonstrasikan penggunaan pemaparan jati diri secara lisan dan tertulis di kelas dengan memperhatikan fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks
·    Siswa diberi tugas menuliskan pemaparkan jati diridan mengirimkannya ke email guru.
·      Siswa diberi tugas merekam dialog dengan situasional.












70 menit
Penutup
·   Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami topik tentang ungkapan-ungkapan menyapa dalam dialog tentang jati diri.
·   Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
·      Siswa diberi tugas untuk membaca berbagai sumber, mencatat, mengerjakan latihan unsur-unsur bahasa yang sudah diterangkan.
10  menit
H.        Alat/Media/Sumber Pembelajaran
1.      Lembar Kerja
2.      Lembar Penilaian
3.      Laptop dan Infocus
4.      Slide and Film

I.           Sumber Pembelajaran
1.      Kamus manual dan elektronik
2.      Buku Bahasa Inggris yang relevan

J.        Penialain Hasil Belajar
1.      Penilaian Sikap               : Berupa penilaian diri dalam minat belajar kelompok
2.      Penilaian                         : Tes tulis
3.      Penialain Keterampilan : Penugasan Project Interview native speaker (orang asing luar asia)

Jakarta, 27 Juli 2015
Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran
Kepala SMK Negeri 63 Jakarta




Dra. Hj. Rus Prihatini, M.Pd                                               Dedi Suhendar, S.Hum
NIP. 196003031996012001



SOAL ULANGAN KD 1

Look at the e-mail bellow and answer the questions! 


Questions:

1.  How does Hannah contact Alia? Is there anybody introducing Hannah to Alia?
2.  Does Hannah want to be Alia’s friend?
3.  Where does Hannah study?
4.  Tell me about Hannah’s family!
5.  What are Hannah’s hobbies?
6.  Does she like animals? What animals does she have?
7.  What does she do with Hmong students?
8.  What profession she’d like to have after graduated from her school?
9.  She isn’t  interested in fashion. Is it because there’s no mall in her hometown?
10. What are her hobbies?




SOAL ULANGAN REMEDIAL KD 1

Read this letter and answer the questions!


Questions:
1. Does Saidah want to be Alia’s friend?
2. Where is she from?
3. Where does Saidah study?
4. Tell me about Saidah’s family!
5. What are Saidah’s hobbies?
6. Does she have favorite singers? (if yes, who are they?)
7. Does she like reading books? Which authors does she like?
8. What profession would she like to have later?
9.  Is she interested in visiting Indonesia? How does she know Indonesia?



KUNCI JAWABAN

Ulangan KD 1
1. By email. Yes, there is.
2. Yes, she does.
3. Thomas Edison High School, in Minneapolis, USA.
4. She has two brothers and two half sisters. Her father died a few years ago and her mother was responsible for the house and the family business. Her father was a barista.
5. She likes listening to classical and folk music, and playing tennis and basketball.
6. Yes, she does. Three dogs, a rabbit, and an iguana.
7. She likes to discuss with them the different cultures they have.
8. An outdoor guide
9. No, it isn’t.

Remedial KD 1
1. Yes, she does.
2. She is from Johor Bahru Malaysia.
3. In a boarding school outside Johor Bahru.
4. Saidah has a sister who is a medical doctor and his brother is an elementary school student. Her sister will get married and her brother often writes to her via email.
5. She likes songs, music, and watching movies.
6. Yes, she does. Her favorite singers are Maher Zain and Siti NurHaliza.
7. Yes, she does. She likes some Malay authors, English writers like JK Rowling, and Indonesian writers like Andrea Hirata and Ahmad Fuadi.
8. A writer of science fiction books.

9. Yes, she is. She knows Indonesia from a book.   

0 komentar:

Post a Comment

terimakasih telah membaca artikel ini, kami harapkan saran dan kritiknya karena pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar.